Saturday, June 20, 2015

Instal SO(Sistem Operasi), Driver, dan Aplikasi


Setelah PC selesai dirakit, masih perlu beberapa pengesetan lagi sebelum bisa dipakai. Memerlukan pengaturan melalui keyboard, karena setelah PC selesai dirakit kita tinggal mengeset BIOS dan menginstal sistem operasi saja. Pada pedoman ini menggunakan sistem operasi Windows XP Profesional.

 A. Instal Sistem Operasi
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada computer.

 B. Driver dan Aplikasi
Setelah menginstal sistem operasi (windows) selesai, dilanjutkan dengan instalasi program driver motherboard dan hardware lain yang terpasang dikomputer. Instalasi ini dimaksudkan untuk memasang program pendukung hardware agar bisa bekerja  secara optimal. Beberapa komponen hardware yang perlu di-instal, seperti chipset, VGA, sound, ethernet card, dan lain-lain. Program driver biasa dikemas dalam bentuk CD dan sudah menjadi satu paket dengan hardware yang dibeli. 
Sedngkan program aplikasi adalah program komputer yang memiliki fungsi tertentu untuk membantu atau memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menyelesaikan tugas tertentu. Contoh: Microsoft Office, Winamp, Quick Time, dan lain-lain.

C. Praktikum
Mengatur BIOS
Langkah 1

Hubungkan monitor, keyboard, mouse dan piranti lainnya pada PC. Jangan lupa tancapkan kabel power ke port power di belakang PC. Sesudah itu, tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan komputer yang telah dirakit. Tunggu proses booting sedang dilakukan oleh komputer.

Post a Comment