Wednesday, July 15, 2015

Modul Network Analysis Tool, Application Layer Protocol, dan Transport Layer Protocol

1. Network Analysis Tool
     a.     Tujuan
           o   Mendeskripsikan fungsi dari Wireshark sebagai salah satu network analysis tool.
           o   Melakukan capture dengan Wireshark
      b.      Latar Belakang
       Wireshark merupakan salah satu network analysis tool, atau disebut juga dengan protocol analysis tool atau packet sniffer. Wireshark dapat digunakan untuk troubleshooting jaringan, analisis, pengembangan software dan protocol, serta untuk keperluan edukasi. Wireshark merupakan software gratis,  sebelumnya, Wireshark dikenal dengan nama Ethereal.
   Packet sniffer sendiri diartikan sebagai sebuah program atau tool yang memiliki kemampuan untuk ‘mencegat’ dan melakukan pencatatan terhadap traffic data dalam   jaringan.   Selama   terjadi   aliran   data   dalam,   packet   sniffer   dapat menangkap protocol data unit (PDU), melakukan dekoding serta melakukan analisis terhadap isi paket berdasarkan spesifikasi RFC atau spesifikasi- spesifikasi yang lain.

          Wireshark sebagai salah satu packet sniffer diprogram sedemikian rupa untuk mengenali berbagai macam protokol jaringan. Wireshark mampu menampilkan hasil enkapsulasi dan field yang ada dalam PDU.
      c.       Prosedur
    Pada bagian ini akan diberikan bagaimana menggunakan Wireshark serta contoh melakukan  capture PDU.
      1)      Jalankan Wireshark
      2)      Untuk melakukan capture dengan memilih pilihan yang tersedia, pilih menu Capture > Options... akan tampil jendela semacam ini:


Post a Comment