Menghilangkan Marah


Amarah seringkali datang tanpa kontrol kedalam diri manusia. Tidak peduli siapa orangnya, baik itu pejabat atau rakyat jelata, baik yang berpenghasilan besar ataupun berpendapatan pas-pasan, pasti mengalami yang namanya rasa marah.
saya pun juga sering marah hehehehe.....
Kadang perasaan itu begitu meledak dan sulit untuk di kontrol. Kalau sudah begini bawaannya uring-uringan, kadang ngomel,muka cemberut kaya benang kusut tidur tidak nyenyak kadang malahan tidak bisa tidur, dan kadang kepala jadi pusing.
Karena seringnya rasa marah timbul, maka saya berusaha mempelajari dari mana asal kemarahan itu. Memang rasa marah itu tidak bisa di prekdisikan kapan ia akan datang. Misalnya, melihat anak nakal, mendengar kata-kata sindiran, penghinaan, di-ganggu, timbul amarah. Bahkan hal-hal kecil akbat kecerobohan diri sendiri akibat lupa meletakkan kunci sepeda motor, lupa pasord facebook,lupa pasword e-mail, itupun kadang membuat emosi tidak bisa diajak kompromi.
Saat otak sedang jernih dan keadaan emosi stabil, terkadang saya menertawakan diri sendiri. Kenapa harus marah dan dikendalikan emosi seperti itu ya”?? tapi beberapa saat kemudian ketika dihadapkan masalah masalah baru, amarah itupun masih juga sukar untuk dikendalikan. Ahhhh,,, jadi mikir terus bagaimankah harus  kita mengendalikannya,,,,

     Saya berusaha mencari solusi dengan membaca tips-tips memanajemen rasa marah dan berusaha mengingat-ingat pesan dan kata bijak yang sering disampaikan seseorang yang bisa menyejukan hati kadang orang tua, dosen, guru, teman dll.pesan dan kata bijak iitu saya olah dan berusaha mempraktekkannya. Dan hasilnya memang tidak seratus persen(100%) berhasil tapi paling tidak usaha ini bisa juga mengurangi rasa marah yang buat wajah jadi jelek karena cemberut, memerah seperti udang rebus, dan kepala cenat-cenut seperti tersengat listrik ribuan volt.

          Pesan yang saya paling ingat dari masa saya SMP sampai sekarang adalah ketika rasa ingin marah datang, segralah cuci muka atau wudlhu (bagi yang muslim). Amarah itu merupakan muslihatnya shaithon alias setan. Dia berusaha untuk menggoda jiwa manusia dengan memercikan api kemarahan. Dengan mengambil air wudlhu, api itu akan bisa dipadamkan. Memang dia tidak nampak secara jasmaniah, dan fungsi wudlhu itu bukan hanya sekedar membersihkan jasmaniah tetapi juga secara rohani yang mungkin sedang digoda setan laknat. Lumayan sukses, tetapi kadang saya tidak hanya wudlhu tapi mandi aja sekalian biar segerrrrr,, he.
          Pesan  bijak yang kedua adalah, jika marah alihkan perhatian kepada hal-hal yang lucu dan menggelikan. Memang kadang sulit tersenyum saat marah. Tapi teruslah melihatnya, beberapa saat kemudian, kita akan mulai tersenyum. Ini pernah beberapa kali saya praktekkan. Pernah saya marah karena teman saya lupa janji mau betulin komputer yang kena virus. Ditunggu-tunggu tidak muncul, padahal saya sangat butuh komputer waktu itu. Marah plus jengkel tuh waktu itu.  Akhirnya saya lampiaskan dengan nonton Mr. Bean dan hehehehe… Saya bisa melupakan teman saya dan sibuk ber-hahahihi.

          Ada lagi tips unik untuk menghilangkan amarah. Ketika sedang emosi larilah keliling lapangan sekuat tenaga. Kalau mau 3 kali boleh-boleh aja. 14 kali juga boleh. Pasti kuat. Apalagi cuma lapangan tennis meja hehehe… Sambil berlari bisa juga teriakkan huruf vokal aaaa atau uuuuu atau eeeee semakin panjang semakin hilang amarah itu. Apalagi memakai solmisasi do re mi fa sol la si do makin asyik lho. Bagi yang muslim dianjurkan mengucapkan istighfar semampunya sambil berlari. Setelah lari pasti capek banget dan butuh istirahat. Dan saat istirahat itulah kemarahan perlahan-lahan mulai reda.

          Tips berikut ini banyak saya terima dari rekan-rekan. Kalau ingin marah cepat hilang ungkapkan saja. Misal orang yang membuat marah ada di depan kita, ya katakan terus terang kalau kita tersinggung dengan perbuatannya. Mengungkapkan uneg-uneg bisa membuat perasaan jadi plong dan menghilangkan beban. Tapi ada dampak negatif dari usaha ini. Kadang-kadang perasaan marah yang diungkapkan menimbulkan masalah baru akibat kata-kata yang tidak terkontrol dan justru semakin memperuncing masalah.

          Cara lain supaya rasa marah terungkap adalah dengan mencurahkan hati kepada orang terdekat misalnya orang tua atau sahabat karib. Walaupun orang itu tidak bisa memberikan solusi, mengungkapkannya saja sudah membuang sebagian rasa marah yang ada dalam perasaan kita. Satu lagi tempat curhat, biasanya dilakukan oleh orang yang introvert adalah mengungkapkan kekesalan pada benda mati. Misalnya menulis di buku diary, atau memukul boneka dan benda empuk lainnya. Katanya hal ini bisa meredakan kemarahan. Tapi saya belum pernah mencobanya. Jadi jangan tanya apakah solusi model ini bisa menghilangkan marah dengan efektif.Yang tidak dianjurkan adalah menumpahkan kemarahan pada benda-benda keras dan berbahaya misalnya membanting piring atau gelas. Selain bahaya jika terkena pecahannya, kalau gelas dan piring habis, besok mau makan dan minum pake apa? Pake daun? Hehehehe … Perlu dihindari ungkapan marah model begini.


          Tips lain yang saya lakukan ketika rasa ingin marah adalah mendengarkan musik terserah mau musik  seperti apa tergantung kamu sukanya musik apa, apalagi musik yang mengandung islami, insyaallah selama dan setelah mendengar musik rasa marah akan segera hilang karena bagi saya musik itu bisa membawa suasana hati dan fikiran dan bisa mengalihkan perasaan kita yang sedang ingin marah.

          Bagi yang sedang pacaran tips ini biasanya juga bisa mengalihkan perasaan marah, telpon atau hubungilah kekasihmu jika dia tidak sedang bersama kamu atau bila dia ada di dekatmu ajaklah kekasihmu itu untuk membicarakan hal-hal yang romantis, kamu juga bisa mengajaknya jalan- disekitar sambil makan-makana ringan, tips ini saya dapat dari pengalaman ketika sedang melihat teman saya yang sedang pacaran sepertinya dia lupa dengan saya ketika waktu itu saya telah melakukan hal yang membuat dia marah atau mungkin dia sedikit malu untuk marah ketika sedang bersama kekasihnya, tapi paling tidak dengan hal ini  bisa juga membuat seseorang tidak  jadi marah..hehehehe 

         










  Tips ini bisa anda praktekkan saat marah datang. Mungkin sebagian dari anda telah menemukan cara tersendiri yang cocok untuk menghilangkan rasa marah itu. Silahkan berbagi. Karena semakin kaya solusi menghilangkan rasa marah, semakin indah hidup terasa.

0 Response to "Menghilangkan Marah"