Tuesday, December 23, 2014

Hal yang Bikin Kangen dari Ponsel Jadul


Buat Yang Kangen Ringtone Nokia Jadul....

Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi jarak jauh paling penting. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, model ponsel makin baik dan kaya akan fitur. Berbeda jauh dengan ponsel-ponsel zaman dulu yang sangat sederhana dan miskin fitur. Warna layar yang masih hitam-putih dan ukurannya yang sangat tebal (jika dibandingkan sekarang) merupakan ciri khas ponsel-ponsel jadul.

Akan tetapi, ternyata ponsel-ponsel jadul memiliki beberapa keunikan.
1.Logo Operator
Ponsel masa lalu sebagian besar masih berwarna hitam putih alias monokrom. Namun keterbatasan itu kadang menghadirkan keasyikan tersendiri dan malah memunculkan kreativitas.
Misalnya pada bagian menu utama ponsel. Biasanya, tulisan yang tampil di sana salah satunya adalah logo operator yang dipakai pengguna.
Untuk mempercantik penampilan, logo operator ini bisa diganti dengan gambar atau tulisan. Desainnya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai keinginan.
Tampaknya sederhana saja jika dibandingkan kustomisasi layar yang sangat beragam pada ponsel zaman sekarang. Namun kala itu sudah menimbulkan hiburan tersendiri.
2.Casing yang Bisa Diganti
Ponsel masa lalu teknologi software dan hardwarenya masih terbatas sehingga tidak banyak yang bisa diunggulkan. Nah, salah satu cara produsen untuk menghadirkan diferensiasi adalah dengan casing ponsel yang bisa diganti.
Produsen yang giat menawarkan ponsel dengan casing yang bisa diganti tampaknya adalah Nokia. Siemens, produsen ponsel yang kini bangkrut, juga beberapa kali merilis handset serupa.
Malah, Nokia pernah punya ide kreatif. Yakni merilis ponsel dimana casingnya bisa dimasuki kertas yang didesain sesuai dengan keinginan penggunanya.
Memang saat ini, beberapa smartphone juga bisa diganti casingnya. Namun gaung fitur tersebut tidak lagi seheboh zaman dahulu.
3.Baterai Tahan Lama
Begitu banyaknya fitur dan layar besar membuat smartphonemasa kini haus baterai. Hal itu tidak terjadi pada ponsel keluaran masa lalu.
Fitur sederhana dan layar hitam putih membuat ponsel masa lalu garang dalam soal baterai. Cukup sekali isi ulang bisa bertahan sampai berhari-hari.
Philips pernah membanggakan seri Xenium yang dibekali baterai sangat tahan lama. Seri keluaran Nokia, Samsung ataupun Motorola juga rata-rata punya baterai awet.
Jadi, tidak perlu kesusahan jika charger ketinggalan. Tidak perlu juga membawa bawa power bank.
4.Game Snake & Space Impact
Game ponsel masa lalu jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan ponsel masa kini yang dibekali grafis maupun sistem permainan tingkat tinggi. Namun jangan salah, game masa lalu bisa juga bikin kecanduan.
Sebut saja Snake atau Space Impact. Keduanya adalah game yang biasanya sudah terinstall dalam ponsel Nokia.
Dalam Snake, pemain bertugas membuat tubuh ular menjadi panjang tanpa menabrak. Space Impact menghadirkan pesawat terbang yang menembaki musuh.
Keduanya menjadi fitur yang banyak digunakan. Pada masa itu, sudah cukup menarik untuk menghabiskan waktu luang.
5.Ringtone Composer
Ponsel jadul biasanya hanya memiliki nada suara sederhana atau monoponik. Meski ala kadarnya, nada suara ini pernah menghadirkan keasyikan tersendiri.
Yakni dalam fitur yang disebut sebagai ringtone composer. Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa membuat nada dering yang bermacam-macam.
Bahkan, ada buku yang berisi khusus cara membuat nada dering dengan irama lagu-lagu terkenal. Dulu, buku semacamini cukup laris.
Biasanya, ringtone composer sudah ada sebagai fitur bawaan di ponsel zaman dulu. Terutama di handset-handset keluaran Nokia.

Nahh,, Untuk Mas-Mas, Mbax-mbak, Teman-teman yang pada kangen sama Ringtone Nokia jadul sekrang saya Berikan Ringtone Original dari beberapa Nokia Jadul 

Nokia 2112

Nokia 3100

Nokia 3108

Nokia 3108

Nokia 3200

Nokia 3220

Nokia 3230

Nokia 3250 Finals

Nokia 3300 Tones

Nokia 3310 Monophonic

Nokia 3510i

Nokia 3650

Nokia 5100

Nokia 5140

Nokia 5500

Nokia 6020

Nokia 6030

Nokia 6100

Nokia 6101

Nokia 6108


Nokia 6111

Post a Comment