Thursday, June 18, 2015

Hindari Penyakit Degeneratif dengan Langkah Ini

Sederet penyakit menyeramkan seperti stroke, jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya disebabkan oleh pola hidup tak sehat. Jumlah masyarakat Indonesia yang mengidap penyakit ini pun semakin hari semakin meningkat. 

Namun, jangan dulu khawatir karena penyakit degeneratif dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat seperti diungkap oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK.

"Cara mencegah datangnya berbagai penyakit bisa dimulai dengan makan makanan sehat, perbanyak bergerak, tidak stres, cukup istirahat, dan juga lingkungan sehat," ditemui pada acara Kampanye Sehat Nestle Indonesia dan peluncuran aplikasi 'Nestle Healthy Steps' di Atrium Royal Plaza, Surabaya, Minggu, (10/5/2015).

Menurut penuturan dari Head of Marketing Service Nestle Indonesia, Lita Mardjunin, sebenarnya inti dari pola hidup sehat adalah membangun tiga pilar, yaitu diet seimbang, bergerak aktif, dan relaksasi.

Pola hidup sehat seseorang bisa diketahui dengan melihat tingkat kekusaman kulit, menjaga berat badan atau mengukur Indeks Massa Tubuh.

"Menimbang badan jangan terlalu sering atau terlalu lama. Timbang saat tidak mengenakan baju di dalam kamar mandi minimal satu kali dalam seminggu. Kenapa tidak mengenakan baju? Karena massa baju juga berbeda-beda," terang dr. Inge kembali.

Sementara, inilah penjabaran 9 tips hidup sehat seperti diungkapkan oleh dr. Inge:

1. Konsumsi makanan yang beragam dan seimbang (3/8 sayuran, 1/4 karbohidrat, 1/4 protein, dan 1/8 buah-buahan) setiap makan.

2. Batasi gula, garam, lemak atau minyak.

3. Biasakan sarapan setiap hari.

4. Minum 8 gelas air putih setiap hari.

5. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.

6. Lakukan aktivitas fisik 30 menit, 2 sampai 5 kali per minggu.

7. Pertahankan berat badan normal.

8. Istirahat cukup.

9. Hindari stres. 

Sumber :http://health.liputan6.com/read/2229514/hindari-penyakit-degeneratif-dengan-langkah-ini
Post a Comment