Wednesday, July 1, 2015

10 Fakta Menarik Tentang Christopher Columbus Yang Mencengangkan

Menurut buku-buku sejarah, Christopher Columbus menemukan Dunia Baru pada tahun 1492. Fakta atau mitos? Benarkah Christopher Columbus adalah namanya yang sebenarnya? atau mungkin hanya khayalan kita bersama? 

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Christopher Columbus mungkin belum pernah anda dengar.

10. Bukan Columbus yang Pertama Menemukan Dunia Baru

Bertahun-tahun setelah Columbus mulai terkenal atas misi Dunia Barunya, ditemukan bahwa sekitar 500 tahun sebelum perjalanan Columbus 'Viking sampai ke Dunia Baru dengan berlayar dari Islandia. Ini berarti bahwa Columbus menemukan Dunia Baru setelah Viking dan mungkin menjadi inspirasi untuk pelayarannya ke Dunia Baru.

9. Dia Adalah Seorang Pedagang Budak

Pelayaran Columbus 'pada dasarnya bertujuan untuk keuntungan ekonomi dan karenanya dia selalu diharapkan untuk menemukan beberapa hal yang berharga atau yang bernilai selama perjalanannya. Dia begitu kecewa setelah ia menyadari bahwa tempat ia temukan ternyata tidak memiliki kekayaan apapun seperti mutiara, perak atau emas. Dia membawa sejumlah pribumi untuk dijual sebagai budak pada perjalanan pertamanya, kemudian pada perjalanan kedua dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Ketika Ratu Isabella menyatakan bahwa penduduk asli dari Dunia Baru harus diperlakukan sebagai subyek dan tidak akan diperbudak, Columbus sangat tertekan. Namun, pada masa pemerintahan kolonial, Spanyol memperbudak penduduk asli.

8. Columbus Adalah Orang yang Pelit

Ketika memulai pelayarannya pada tahun 1492, Columbus berjanji akan memberikan penghargaan berupa emas kepada orang pertama kali melihat pulau. Rodrigo de Triana, seorang pelaut, adalah orang pertama yang melihat pulau pada tanggal 12 Oktober, 1492. Dia melihat sebuah pulau di Bahama yang diberi nama San Salvador oleh Columbus. Sayangnya, Rodrigo tidak pernah diberi hadiah, karena kelicikan Columbus, ia mengatakan kepada orang-orang bahwa malam sebelumnya, ia melihat cahaya samar-samar tetapi tidak mengungkapkan hal itu karena cahaya itu kabur.

7. Columbus Adalah Gubernur Mengerikan
Columbus diangkat menjadi gubernur Santo Domingo, sebuah pemukiman yang baru terbentuk, oleh Raja dan Ratu Spanyol sebagai tanda terima kasih sehubungan dengan Dunia Baru yang telah ditemukan. Meskipun ia seorang penjelajah hebat, Columbus gagal besar dalam jabatannya sebagai gubernur. Dia menyebabkan kerusuhan besar di antara warganya. Karena hal-hal yang semakin diluar kendali, Raja akhirnya memutuskan untuk menggantinya dengan gubernur yang baru, Columbus akhirnya ditahan dan dipulangkan ke Spanyol.

6. Columbus Meyakini Jika Bumi Itu Datar
Dalam perjalanannya Columbus ' selalu meyakini bahwa bumi itu datar. Hal ini sebenarnya tidak benar - ilmuwan Eropa hanya percaya bahwa lautan itu begitu luas. Teori pada saat itu, yang dibentuk oleh Ptolemy, adalah bahwa hanya Eurasia dan Afrika daratan yang ada di planet ini tidak ada lagi diluar sana yang bisa dijelajahi.

Columbus tidak setuju dan mulai menghitung mengelilingi Bumi untuk membuktikan bahwa apa yang dikemukakan Ptolemy tidak benar, pada kenyataannya, masih lebih banyak lagi daratan yang bisa ditemukan. Dia mulai menghitung-hitung, berpikir bahwa diameter Bumi adalah sekitar 25.255 Km, sedangkan jumlah sebenarnya adalah hampir dua kali lipat pada 40.000 Km. Karena salah perhitungan ini Columbus bahkan menemukan apa yang dia yakini sebagai rute baru ke Asia.

5. Tidak Ada yang Tahu Dimana Jenazah Columbus'
Kematian Columbus' terjadi di Spanyol pada tahun 1506 di mana jenazahnya ditempatkan hingga tahun 1527 ketika ia dipindahkan ke Santo Domingo. Disana jenazahnya disimpan sampai 1795 setelah diduga jenazahnya telah dikirim ke Havana. Pada tahun 1898, sisa-sisa jenazah diyakini telah dikembalikan ke Spanyol, tetapi yang mengejutkan, kotak bertuliskan nama Columbus dan penuh dengan tulang telah ditemukan di Santo Domingo. Sejak saat itu keduanya, Santo Domingo dan Sevilla di Spanyol mengklaim memiliki sisa-sisa Columbus '. Menariknya, di masing-masing kota, tulang Columbus tersebut telah disimpan di makam yang sangat terstruktur.

4. Columbus' Mengalami Banyak Bencana Selama Pelayaran
Hampir semua orang tahu tentang pelayaran Columbus ' menjelajah lautan pada tahun 1492, di mana tiga kapal yang terlibat, Santa Maria, Pinta dan Nina. Tapi hanya sedikit dari kita yang menyadari fakta bahwa kapal Santa Maria, terjebak dan tenggelam di dekat Pulau Hispaniola, dan ia dipaksa untuk meninggalkan 39 orang anak buahnya di pemukiman yang bernama La Navidad. Columbus diharapkan untuk kembali ke Spanyol dengan banyak barang berharga termasuk rempah-rempah bersama dengan informasi yang signifikan mengenai rute perdagangan baru. Tapi dia kembali dengan tangan hampa meskipun ia berlayar menggunakan kapal terbaiknya. Kemudian, selama pelayaran keempat, Columbus kehilangan kapalnya dan terdampar selama satu tahun di Jamaika dengan anak buahnya.

3. Di Perjalanan Kedua ke Dunia Baru, Ia Membawa Kuda
Dalam pelayaran kedua Columbus menuju Dunia Baru, ia membawa serta beberapa ekor kuda ke Santo Domingo. Hewan-hewan tersebut merupakan campuran dari Andalusia, yang Jennet dan Berber. Selain kuda, ia juga membawa beberapa sapi.

2. Columbus Sangat Religius
Columbus sebenarnya orang yang sangat religius yang sungguh-sungguh percaya bahwa ia telah dipilih oleh Tuhan untuk memulai pelayaran untuk menemukan lahan baru. Sejumlah pulau-pulau dan tanah yang temukan diberinya nama yang bersifat religius. Di akhir hidupnya, ia mengadopsi kebiasaan Fransiskan sederhana di mana pun ia pergi, ia lebih terlihat seperti biarawan ketimbang nahkoda kapal. Sementara itu dalam perjalanan ketiga, ada saat ketika ia melihat Sungai Orinoco mengalir ke Samudera Atlantik dekat bagian utara Amerika Selatan. Pada saat itu ia hampir yakin bahwa ia telah menemukan Taman Eden.

1. Nama Aslinya Bukan Christopher Columbus
Nama Christopher Columbus sebenarnya merupakan versi inggris dari nama sebenarnya, Cristoforo Colombo, yang diperoleh di Genoa, tempat kelahirannya. Nama juga telah diterjemahkan ke bahasa lain, dan oleh karena itu ada beberapa temuan seperti versi Spanyol Cristóbal Colón dan versi Swedia Kristoffer Kolumbus. Mencolok, bahkan nama yang diberikan kepadanya di Genoa juga tidak pasti kebenarannya. 


Sumber :
http://www.beritaunik.info/2015/07/10-fakta-menarik-tentang-christopher.html

Post a Comment