5.1
Tujuan
Kita
sudah mempelajari konsep mendasar pada Java dan menulis beberapa program
sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif
dengan menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita akan mempelajari dua
cara memberikan input, yang pertama adalah menggunakan kelas BufferedReader dan
melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan kelas JOptionPane.
Pada
akhir bab ini, para siswa diharapkan mampu:
- Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard
- Menggunakan kelas BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console
- Menggunakan kelas JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard melalui GUI
5.2
Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input
Pada
bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io
package untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari
keyboard:
- Tambahkan di bagian paling atas code anda: import java.io.*;
- Tambahkan statement ini: BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
- Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String
temp = dataIn.readLine();
}
catch(
IOException e ){
System.out.println("Error
in getting input");
}
Berikut
ini adalah source code selengkapnya:
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
public
class GetInputFromKeyboard {
public
static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String
name = "";
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
try{
name
= dataIn.readLine();
}catch(
IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello
" + name +"!");
}
}
Berikutnya
akan dijelaskan setiap baris dari code:
Statement,
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
menjelaskan
bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader,
InputStreamReader dan IOException
yang berada di java.io package. Java
Application Programming Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa
digunakan untuk program anda. Kelas-kelas tersebut dikumpulkan ke dalam packages.
Packages
memiliki kelas yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh di atas, java.io package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Statement diatas juga dapat
ditulis,
import
java.io.*;
yang
akan mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa
menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita.
Dua
statement selanjutnya,
public
class GetInputFromKeyboard
{
public
static void main( String[] args ){
kita
sudah mempelajari pada bab sebelumnya. Statement ini menyatakan bahwa kita
mendeklarasikan sebuah class bernama GetInputFromKeyboard dan kita
mendeklarasikan main method.
Pada
statement,
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader(
System.in) );
kita
mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn
dengan tipe kelas BufferedReader.
Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan
menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang,
kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
String
name = "";
Statement
diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name diinisialisasi
sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi
sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Baris
berikutnya adalah memberikan output string pada layar menanyakan nama user.
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
Sekarang,
block di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name
= dataIn.readLine();
}catch(
IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
Pada
baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement
name
= dataIn.readLine();
akan
ditangkap. Kita akan membahas tentang exception handling pada bab selanjutnya
dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, anda cukup mencatat bahwa anda
perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan readLine() method dari
BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
Selanjutnya
statement,
name
= dataIn.readLine();
method
diatas memanggil datain. readLine (), mendapatkan input dari user dan
memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name,
yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello
" + name + "!");
5.1
Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input
Cara
lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas
joptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane membuat
kemudahan dengan memunculkan dialog box standar yang memberikan kepada user
sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Berikan
kode berikut ini,
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class GetInputFromKeyboard {
public
static void main( String[] args ){
String
name = "";
name
= JoptionPane.showInputDialog("Please enter your
name")
;
String
msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
}
}
Akan
menghasilkan output,
Statement
pertama,
import
javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan
bahwa kita mengimport kelas joptionPane dari javax.swing package.
Bisa
juga ditulis,
import
javax.swing.*;
statement
selanjutnya,
name
= JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
membuat
sebuah JOptionPane input dialog, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah
pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog
tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.
Sekarang
kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe
msg,
String msg
= "Hello " + name + "!";
Baris
selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang memilki sebuah pesan dan
tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
0 Response to "Mendapatkan Input dari Keyboard Pada Java"
Post a Comment