Friday, July 24, 2015

Pengertian HTML Pengenalan Dasar HTML


HTML atau  HyperText Markup language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. HTML adalah file text murni yang dibuat dengan editor text apapun. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan pada web broser. Ada dua cara dalam menulis sebuah dokumen HTML yang nantinya menjadi sebuah halaman browser. Yang pertama menggunakan HTMl editor atau web editor, dan yang kedua menggunakan text editor biasa seperti menggunakan notpad.
Saat ini sudah banyak sekali paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat halaman web secara WYSIWTG ( What You See Is What You Get ) seperti FronPage, Dreamweaver dan lain sebagainya, Anda tetap harus menguasai tag-tag HTML terutama yang dipergunakan untuk membuat aplikasi di internet karena mau tidak mau Anda akan bekerja dalam mode text editor bilamana hendak menyisipkan setiap scrip HTML


A.        Dokumen HTMl dan penamaan HTML
Dalam penamaan sebuah dokumen yang akan ditampilkan pada web browser maka nama yang digunakan harus diakhiri dengan ekstensi (.html) atau (.htm). ekstensi dokumen HTML awalnya 3 karakter, adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan dalam DOS. Dalam pemberian nama sebuah dokumen bersifat case sensitive sehingga dokumen dengan nama a.html akan berbeda dengan dokumen A.html
Sebelum lebih lanjut mempelajari tag-tag HTML ada baiknya terlebih dahulu melihat kode warna ynag sering digunakan di penulisan tag-tag HTMl. Pengaturan warna di halaman HTML menggunakan mode kombinasi RGB (ret, green, blue) yang mana setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal (0,1,2…..F). setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau dan biru. Sebagai contoh 00 oada 2 digit pertama berarti tidak ada warna merah dan seterusnya.

Warna
Heksadesimal
White
#FFFFFF
Black
#000000
Red
#FF0000
Green
#00FF00
Blue
#0000FF
Magenta
#FF00FF

B.        Definisi Elemen dan tag HTML
Sebuah dokumen HTML di susun oleh beberapa elemen atau lebih dikenal dengan komponen-komponen dasar. Elemen dapat berupa text murni atau bukan text, atau keduanya. Elemen atau komponen tersebut misalnya body, paragraf, list dll.
Untuk menandai sebuah elemen dalam suatu dokumen HTML digunakan tag. Tag HTML terdiri dari sebuah kuring sudut kiri (<, lebih kecil), nama tag, kurung sudut kanan (>, lebih besar), contoh <h1>, tag pada umumnya berpasangan misalnya ( <h1> dengan </h1>, tanda / pada tag pasangan memberikan tanda bahwa tag tersebut merupakan pembatas akhir elemen yang dibuka oleh tag awal.
Nama elemen ditujukan oleh nama dari tagnya. Suatu elemen biasanya ditandai dengan pasangan tag, walaupun ada beberapa nama elemen yang ditandai dengan satu tag tanpa harus berpasangan. Diantaranya adalah
·         Paragraf tag-nya <p>
·         Ganti baris – line break tag-nya <br>
·         Garis besar – horizontal rule tag-nya <hr>
·         List item tag-nya <li>
Jadi secara umum penulisan sebuah tag adalah <nama tag>….</nama tag> selain itu dalam penamaan tag tidak menganut case sensitive.
Dalam pembuatan dokumen HTML elemen dasar yang harus dimiliki adalah tag html, tag body dan tag head. Elemen head berisi informasi tentang dokumen, elemen body berisis text atau elemen lainya atau lebih jelanya dapat dilihat contoh di bawah ini

<html >
<head>
title>....Informasi Dokumen....</title>
</head>
<body>
.....Informasi yang di tampilkan pada halaman browser.....
</body>
</html>
C.        Penggunaan Tag dan Atribut Tag
Dalam pembutan dokumen HTML penulisan elemn yang diawalu dan diakhiri tanda tag HTML, memiliki syarat penulisan yaitu:
  • Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung sudut (<dan>)
  • Tag HTML secara normal selalu berpasangan misalnya (<i>….</i>)
  • Tag pertama dalam suatu pasangan adalah tag awal, dan tag yang kedua merupakan tag akhir.
  • Tag HTML tidak ‘case sensitive’. <b> sama dengan <B>
  • Jika dalam suatu tag ada lagi tag maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang harus berurutan. Misalnya <b><i>…Tebal dan Miring…</i></b>

Tag dapat mempunyai atribut, atribut menyatakan sesuatu tentang tag tersebut. Atribut digunakan untuk mengubah defaul pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan.
Tag berikut mempunyai atribut : <body>. Tag <body> ini tidak menggunakan atribut, sehingga dokumen HTML ditampilkan sebagaimana default dari tampilan HTML.
Tag <body bgcolor=”red”>. Maka tag <body. Ini memiliki berupa warna background merah. Secara umum tag dengan atributnya adalah
<namatag atr1=”nilai_atr1’
Atr2=”nilai_atr2”….>isi</namatag>

1.2       Tag – tag dasar HTML

A.        HTML
Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen adalah dokumen html. Tag ini merupakan suatu keharusan bagi pemrograman web untuk menuliskanya sebagai tag pertama dalam dokumen html. Penulisan tag seperti berikut ini :
<html> pada awal dokumen dan </html> pada akhir dokumen
B.        Head
Merupakan tag berikutnya setelah tag html, digunakan untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan. Penulisan tag seperti berikut ini :

<head> di awal setelah <html> dan </head> di akhir section head
C.        Tittle
Merupakan tag di dalam head yang digunakn untuk menuliskan judul dari dokumen html, yang akan muncul pada caption halaman browser jika halaman tersebut di akses. Penulisan tag seperti berikut ini :
            <tittle> Judul Dokumen </tittle>
D.        Body
Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan.
<body> di awal setelah </head> dan </body> diakhir sebelum </html>
Sebagai latihan, ketiklah scrip HTMl berikut ini kemudian simpan pada folder Anda, masing – masing atribut elemen body :
bckground       : latar belakang image dokumen
Bgcolor           : warna latar belakang dokumen, default putih
text                  : warna text dokumen, default hitam
link                  : warna link dokumen, default biru
vlink                : warna visited link dokumen, default ungu
aling                : warna active link dokumen, default merah

Latihan 1.html
Kemudian untuk mencobanya anda dapat langsung mencoba internet explorer, cukup dengan perintah File – Open, kemudian browse nama file dan lokasi dimana file HTML tadi disimpan. Atau tekan preview in exsplore maka hasilnya adalah sebagai berikut
Sebagai latihan buatlah scrip HTML untuk hasil sebagai berikut ini:

Latihan 2
Latihan 3

E. Heading

Tag heading(hx) digunakan untuk memformat heading (judul dan sub judul) dari suatu halam web. Heading ini akan memperbesar ukuran huruf untuk setiap jenis heading. Ada enam heading yang dikenal HTML, yaitu dari (h1) sampai dengan (h6). Sebagai latihan ketiklah latihan berikut dan jalankan di browser anda.

Latihan 4



F. Horizontal Ruler

Tag Hprizontal ruler <hr> berfungsi untuk menampilkan garis horizontal tiga dimensi dalam halam web Anda. Tag horizontal ruler juga tidak memerlukan elemen penutup </hr>.
Atribut elemen horizontal ruler :
Alig : [left| center|right] default center
Seze : pixel(tebal garis, default 2)
Width : panjang (lebar garis, pixel atau persen, default 100%)
Noshade (garis solid)

Latihan 5

G.  Paragraf

Tag paragraph <p> berfungsi layaknya untuk pengaturan antar paragraph dalam halaman web Anda. Dalam elemen paragraph terdapat atribut : align=[left|center|right] yang berfungsi sebagai pengatur perataan paragraph, jadi Anda cukup memilih salah satu dari ketiga pilihan tanpa harus member kurung buka dan tutup, dan defaultnya adalah left. Anda dapat memilih peralatan kiri, tengah dan kanan.


H. Break
Tag break <br> berfungsi untuk memberikan baris baru suatu paragraph dalam halaman Web anda. Tag break tidak memerlukan tag penutup break. Bukalah latihan 4.html yang sudah Anda buat, kemudian tambahkan script-script berikut dan simpan dengan nama

Latihan 8.html




Post a Comment