Friday, June 19, 2015

Ayo Rasakan Keistimewaan Berwudhu Sebelum Tidur


Berwudhu merupakan kewajiban Umat Islam sebelum melaksanakan salat dan menjadi kegiatan sehari-hari bagi yang taat. Namun tidak banyak yang tahu keistimewaan dari berwudhu, terutama sebelum tidur.
 
Biasanya banyak orang yang langsung tidur tanpa melakukan wudhu terlebih dahulu. Namun sesungguhnya banyak sekali manfaat yang dapat kita petik seandainya kita berwudhu jelang sebelum tidur.
 
Manfaat ini tidak hanya bagi rohani semata, tetapi manfaat yang berkaitan dengan jasmani juga bisa diperoleh dengan melakukan wudhu terakhir sebelum kita berbaring di tempat tidur.
 
Bahkan sudah dilakukan penelitian khusus mengenai manfaat ini bagi umat Islam, karena itulah hal ini menjadi anjuran yang baik untuk dilakukan. Berikut manfaatnya, Kamis (18/6/2015):
 
1. Manfaat Berwudhu Bagi Tubuh yang Lelah
 
Tidur adalah istirahat malam yang kita lakukan untuk mengembalikan vitalitas tubuh yang berkurang setelah berbagai aktifitas yang dilakukan.

Dengan banyaknya aktifitas berat, terkadang kita pergi tidur dengan keadaan sangat lelah yang malah akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
 
Di sinilah keistimewaan berwudhu sebelum tidur karena saat membilas tangan dan kaki dengan air, maka percikan air tersebut yang mengenai tangan dan kaki akan membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks serta dapat mengendurkannya.
 
Inilah manfaat pertama yang didapatkan dari berwudhu. Dengan demikian saat tidur sesudahnya maka tubuh tidak akan terasa terlalu lelah dan tidur menjadi lebih nyenyak. 
 
2. Manfaat Berwudhu Bagi Wajah untuk Kecantikan
 
Bagi wanita, kondisi wajah adalah sangat penting dan erat kaitannya dengan kecantikan yang alami. Karena itulah banyak sekali wanita yang menggunakan produk kosmetik untuk wajahnya sesaat sebelum tidur. Padahal sesungguhnya hal tersebut tidak perlu dilakukan karena cukup dengan berwudhu saja sudah cukup.
 
Dengan berwudhu kita akan membasuh wajah sampai ke dalam hidung. Hal ini dapat membuat kulit wajah menjadi bersih. Bahkan sudah dilakukan penelitian untuk hal ini dimana jika melakukan wudhu maka wajah hanya akan memiliki sedikit kuman jika dibandingkan tidur tanpa berwudhu terlebih dahulu. Karena itulah, lebih baik untuk melakukan wudhu sebelum tidur bagi kecantikan.
 
3. Manfaat Berwudhu Bagi Rohani untuk Ibadah
 
Sekarang di bagian yang paling penting dari berwudhu adalah manfaatnya bagi rohani sebagai bagian dari Ibadah. Terdapat hadits yang menyatakan bahwa barang siapa yang berwudhu sesaat sebelum ia tidur, maka orang itu akan mendapatkan perlindungan istimewa dari malaikat yang akan terus menjaga sampai saat ia terbangun keesokan harinya.
 
Sebagai keistimewaan berwudhu sebelum tidur, malaikat juga akan memanjatkan doa agar dosa-dosanya diampuni karena Ia telah tidur dalam keadaan yang sangat suci setelah melakukan wudhu. (sul)
 
Post a Comment