Friday, June 19, 2015

Obat Penyakit Kulit: Vaksin Herpes Zoster

 
Salah satu penyakit kulit gatal kulit adalah penyakit herpes yang menjadikan kulit terasa terbakar panas dan gatal dalam waktu sekaligus dan muncul kemerahan dan bentol-bentol kecil berisi cairan merupakan bentuk dari kulit herpes.

Herpes memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah herpes zoster yang bisa menular dan menjalar dengan cepat jika tidak segera diobati. Berdasarkan kutipan dari www.medicinenet.com, untuk bisa mengobati penyakit kulit ini, Anda bisa menggunakan vaksin herpes zoster.

Vaksin diberikan agar sistem kekebalan tubuh mampu untuk mencegah dan melawan virus varicella-zoster atau disingkat VZV. Vaksin untuk herpes zoster sendiri mengandung virus yang sudah dijinakkan dan disuntikkan untuk melawan virus lebih kuat ketika menyerang tubuh.
Biasanya vaksin zoster digunakan untuk mencegah herpes zoster pada orang berumur lanjut kisaran 60 tahun ke atas terlepas dari ia pernah terkena cacar air atau herpes zozter sebelumnya. Namun tentu saja vaksin tidak bisa digunakan ketika Anda sedang terserang herpes zozter atau penyakit postherpetik neutalgia.

Vaksin zoster mencegah herpes zoster di 51% dari orang yang berumur 60 tahun ke atas. Efeknya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia dan lebih efektif pada individu berumur 60 hingga 69 tahun. Setelah itu, efek vaksin sudah sangat menurun.

Seperti vaksin kebanyakan, vaksin herpes zoster juga disuntikkan pada lengan. Untuk efek samping, mungkin yang paling umum adalah terjadi sait kepala atau pusing, dan pada daerah yang disuntikkan akan terjadi bengkak, gatal, hangat dan agak memar. Namun hal ini akan hilang dengan sendirinya kok Ladies.

Oleh: Anindya Febi
Post a Comment