Sunday, July 12, 2015

MATERI KULIAH ROUTERCISC DAN MIKROTIK


Modul berikut menjelaskan tentang konsep dasar jaringan yang berisi tentang prinsip komunikasi data, koneksi jaringan komputer dan pengkabelan. Dalam materi pengkabelan akan fokus pada kabel UTP untuk membuat kabel straight through, crossover dan rollover.

1.1     Dasar Teori
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

     Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.

     Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting

     Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta  dan memberikan  layanan  (service).  Pihak  yang  meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dengan memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep "downsizing" maupun "lightsizing" yang bertujuan menekan anggaran belanja  khususnya peralatan  komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang  sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

1.2     Prinsip Komunikasi Data
Jaringan   komputer   digunakan   untuk   melakukan   tukar   menukar   atau komunikasi data.
Komponen‐komponen dalam komunikasi data adalah sebagai berikut:
1.2.1     Komputer Host
Komputer host adalah komputer yang berfungsi sebagai penyebar informasi atau data. Host dapat berupa komputer mainframe atau komputer mini. Host yang berupa mainframe bekerja dengan menggunakan peralatan yang disebut dengan Front and Processor (FEP), yang merupakan komputer mini untuk mengelola komunikasi data dari jaringan


Post a Comment