Wednesday, July 1, 2015

Upaya NASA Selamatkan Bumi dari Ancaman `Kiamat` Asteroid

Asteroid Lander disebut sebagai teknologi yang mampu menyelamatkan bumi dari ancaman asteroid
Jakarta - Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, terdengar kabar bahwa NASA sedang meyelidiki keberadaan ribuan asteroid yang memiliki potensi dapat membahayakan bumi.

Bahkan, asteroid tersebut diperkirakan akan berhempasan dengan bumi dan dapat memberikan dampak yang begitu mengerikan terhadap planet ini.

Hal ini pun langsung ditanggapi oleh kepala tim pengembangan program NASA Asteroid Robotic Redirect Mission, Ben Reed, yang menjelaskan bahwa NASA sedang memiliki sebuah teknologi canggih yang dapat `memusnahkan` kumpulan asteroid berbahaya tersebut.

Bersama dengan para ilmuwan NASA lainnya yang bekerja dalam misi ruang angkasa yang berbeda, Reed menyebut teknologi itu dengan nama Asteroid Lander.

Reed menjelaskan, teknologi Asteroid Lander nantinya akan diprogram untuk mengubah arah jalur asteroid di luar angkasa. Lebih lanjut, Lander akan melengkapi dengan perangkat booster atau sebuah teknologi yang dapat mendorong asteroid untuk keluar dari jalur dan nantinya tidak akan menabrak bumi.

Reed menambahkan, Lander juga dapat digunakan untuk kepentingan ilmiah dan juga bisa dipakai untuk mengambil potongan-potongan asteroid untuk dibawa kembali ke Bumi dan dipelajari lebih lanjut.

“Kami memiliki teknologi untuk dapat menaklukan asteroid, dengan teknologi yang sama, kami juga dapat menggunakan ini untuk mempelajarinya,” ujar Reed sebagaimana dikutip laman CNN, Rabu (1/7/2015).

Untuk saat ini, Lander masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Reed dan timnya mengembangkan alat tersebut di sebuah tempat yang bernama Cauldron, berlokasi di Goddard Space Flight Center di luar wilayah Washington DC.

Selain pengembangan Asteroid Lander, terdengar kabar bahwa teknologi pemusnah asteroid lainnya sempat dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan dari Iowa State University.

Bahkan, mereka menggelontorkan dana hingga US$ 500 juta atau sekitar Rp 6,6 triliun untuk mengembangkan sebuah teknologi dimana nantinya dapat meledakkan asteroid di luar angkasa.

Namun demikian, teknologi tersebut terbilang tidak rasional. Pandangan ini disampaikan langsung oleh pihak ilmuwan lainnya yang berpendapat bahwa teknologi peledakan justru lebih berbahaya.

Sebab, efek ledakan dari asteroid nantinya akan menimbulkan fragmen pada bebatuan dari kehancuran asteroid. Justru, bebatuan tersebut malah lebih berbahaya jika masuk ke Bumi. 

Untuk saat ini, teknologi Asteroid Lander masih bisa dibilang paling masuk akal dan tergolong aman untuk mengubah arah jalur asteroid.

Sumber :
http://tekno.liputan6.com/read/2262429/upaya-nasa-selamatkan-bumi-dari-ancaman-kiamat-asteroid
Post a Comment