Saturday, June 20, 2015

JURNAL PRAKTIKUM (LAB. HARDWARE) INSTALASI DAN TROUBLESHOOTING KOMPUTER

Merakit Komputer
Merakit adalah hal yang paling mendasar yang harus dilakukan saat ingin membangun sebuah personal computer (PC). Kemampuan merakit PC sudah seharusnya dimiliki oleh tiap pengguna agar tidak terjadi ketergantungan terhadap jasa servis komputer saat terjadi masalah—masalah kecil yang sebenarnya mudah namun karena ketidakpahaman dianggap sebagai sesuatu masalah yang besar. Dengan pengetahuan perangkat keras (hardware) juga akan memudahkan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan perangkat keras (upgrade) dengan efisien sesuai kebutuhan dan peruntukan PC.

 A. Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita. Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya seperti kartu grafis dan kartu suara serta memory RAM dan Harddisk.
Faktor kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard (Papan induk/PCB) harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan input/ouput (I/O) bus yang berbeda-beda. Bukalah buku manual motherboard Bapak/Ibu untuk mengetahui komponen yang didukung olehnya.

 B. Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
1. Obeng Plus dan Obeng Minus
2. Tang Lancip / Tang Buaya
3. Baut dan Cincin Isolator
4. Pasta Pendingin
5. CD/DVD ROM
6. Kabel Data
7. Harddisk
8. Kartu Memory / RAM
9. Processor
10. Heat Sink / Kipas Pendingin Prosessor
11. Cooling Fan / Kipas Pendingin
12. Mainboard / Motherboard
13. Power Suplay Unit / PSU
14. Cashing
15. Floppy Disk Drive (Optional)
16. Kartu VGA / VGA Card (Optional)
17. Kartu Suara / Sound Card (Optional)


Post a Comment