Wednesday, July 1, 2015

Asteroid Berpotensi Besar Hantam Bumi Indonesia

Ilustrasi (foto : Huffingtonpost)
JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Indonesia (Lapan), Abdul Rahman membenarkan pernyataan NASA mengenai puluhan ribu asteroid yang mendekati Bumi. Menurut Abdul jumlah totalnya agak sedikit berbeda dengan informasi yang beredar di media.
“Benda alami (asteroid) dekat Bumi yang sudah terdeteksi adalah 12.851. Nah, yang berpotensi menabrak Bumi dengan ukuran cukup besar sebanyak 1.593,” ucap Abdul kepada Okezone melalui pesan singkat, Selasa (30/6/2015).

Menurut Abdul, benda-benda itu bukan hanya diamati oleh NASA tetapi juga lembaga atau sumber lainnya.

Ketika disinggung mengenai apakah asteroid tersebut bisa jatuh di Indonesia seperti yang terjadi di Rusia dan kawasan Bumi lainnya, kata Abdul, kemungkinan untuk itu ada saja.

“Potensinya tetap ada, dan kemungkinannya jatuh di Indonesia hampir sama dengan negara-negera lainnya, hanya soal waktu,” ucap Abdul lagi.

Sayangya, menurut Abdul, Lapan saat ini belum memiliki data untuk merinci berapa banyak jumlah benda angkasa yang pernah jatuh di Indonesia. Hanya saja menurutnya, Indonesia pernah kejatuhan dua kali, di Bone, Sulawesi Selatan dan Jakarta.

“Yang paling terakhir adalah meteor atau pecahan asteroid yang jatuh di Duren Sawit itu pada April 2010,” pungkas Abdul.

Seperti diketahui, NASA dan sejumlah lembaga lainnya, mendeteksi adanya ancaman serius dari benda langit asteroid yang bergerak mendekati Bumi. Direktur dari program Asteroid Grand Challange yang dibentuk oleh NASA, Jason Kessler, mengatakan benda yang diduga asteroid yang berhasil teridentifikasi tersebut, jumlahnya mencapai puluhan ribu.

“Para pemburu asteroid yang tergabung dalam program Asteroid Grand Challange mengindentifikasi jumlah asteroid yang berada dekat dan semakin mendekati Bumi, totalnya mencapai 12.706 objek,” ucap Jason seperti dikutip CNN Amerika, Senin (29/6/2015).

Jason juga mengatakan, dari jumlah total itu sekira 1.593 objek berpotensi membahayakan Bumi dan seisinya. Artinya kemungkinannya asteroid tersebut akan menabrak Bumi.

Dilanjutkan Jason, sekira 800 asteroid lainnya yang dilacak NASA berjarak kira-kira beberapa kilometer saja dari Bumi. Beberapa diantaranya, sekira 152 asteroid, kata Jason berpotensi untuk “mengancam” eksistensi manusia di Bumi.

(amr)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/06/30/56/1173955/asteroid-berpotensi-besar-hantam-bumi-indonesia
Post a Comment